Kredit Macet Pinjol Masih Tinggi, OJK Kasih Peringatan Ini

Infografis: Jangan Coba-coba! Ini Risiko Besar Nekat Tak Bayar Pinjol

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan sejumlah langkah untuk menekan angka kredit macet pinjaman online (pinjol). Salah satunya dengan melakukan monitoring pada platform.

“Melakukan monitoring berkala melalui laporan yang disampaikan oleh platform,” kata Kepala Departemen Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK, Triyono kepada CNBC Indonesia, Rabu (24/5/2023).

Dia juga menyinggung soal platform yang angka kredit macetnya melebihi batas. OJK mengirimkan teguran https://rtpdwslot88.org/ tertulis untuk perusahaan pinjol yang dimaksud.

Platform pinjol juga diminta membuat action plan untuk menurunkan tingkat TWP90. OJK mengatakan bakal mengawal pelaksanaan rencana tersebut.

Sebagai informasi, TWP90 adalah tingkat wanprestasi atau kelalaian penyelesaian kewajiban pada perjanjian pendanaan. Ini berlaku setelah 90 hari sejak tanggal jatuh tempo.

“Kami meminta platform untuk membuat action plan penurunan angka TWP90. Pelaksanaannya akan dipantau,” ungkap Triyono.

Tingkat kredit macet pinjol per Maret 2023 lalu sebesar 2,81%. Triyono menjelaskan angka tersebut masih di bawah 5%.

Ditanya soal alasan munculnya kredit macet, Triyono mengatakan umumnya karena faktor ekonomi. Ada juga terkait hal lain seperti kasus fraud, namun jumlahnya belum signifikan.

“Kredit macet sesuai statistiknya didominasi oleh faktor kinerja perekonomian secara umum. Faktor lain ada, tapi belum signifikan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*