Lengkap! Begini Peta Kekuatan Parpol di Tiap Provinsi

Lengkap! Begini Peta Kekuatan Parpol di Tiap Provinsi

Partai Pemenang Pemilu Tiap Provinsi Tahun 2019

Dinamika politik dalam negeri semakin memanas menjelang dimulainya masa kampanye pemilihan umum (pemilu) yang termasuk pemilihan presiden (pilpres) 2024, yang rencananya akan dimulai hari ini, Selasa (28//11/2023) hingga 10 Februari 2024. https://totolive.monster/ Sejumlah aspek menjadi fokus perhatian, salah satunya adalah data terkait partai pemenang dari setiap Daerah Pemilihan (Dapil) atau provinsi.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2024 ini sebanyak 204.807.222 pemilih. Provinsi yang memiliki DPT terbesar diantaranya Jawa Barat sebanyak 35,7 juta, Jawa Timur 31,4 juta, Jawa Tengah 28,2 juta suara, Sumatera Utara 10,8 juta, dan Banten 8,8 juta pemilih.

Penting untuk diperhatikan setiap partai pemenang dari suatu provinsi dengan DPT yang besar artinya memiliki basis suara dukungan yang besar.

Dalam setiap pemilu, peran partai politik (parpol) menjadi kunci utama dalam meraih kemenangan. Meskipun demikian, menariknya, partai dengan suara terbesar belum tentu bisa memastikan kemenangan calon pemimpin yang diusungnya. Justru, parpol yang berhasil mengusung calon tertentu seringkali mampu meningkatkan dukungan dan suara yang diterima.

Pentingnya peta suara tergambar dalam kategorisasi Dapil atau wilayah-wilayah tertentu. Penguasaan suara di wilayah-wilayah strategis menjadi kunci penentu kemenangan suatu partai politik. Perludem (Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi) menyampaikan pandangan ahli yang menyebutkan, perolehan suara partai yang lebih tinggi dari calon legislatif memberikan kekuasaan mutlak pada partai untuk menentukan perolehan kursi.

Kekuatan suara sebuah parpol juga dapat diperkuat dengan strategi mengusung calon presiden dan wakil presiden yang memiliki keterkaitan historis dengan wilayah-wilayah tertentu. Dengan begitu, suara di Daerah Pemilihan asal pasangan calon (paslon) tersebut dapat lebih mudah diangkat.

Berikut pemenang partai politik di masing-masing provinsi pada 2019. Data historis menunjukkan parpol pemenang pemilu sulit digeser karena sejumlah faktor, seperti tradisi kuat di daerah setempat. Namun, pemenang bisa saja berubah pada pemilu 2024 karena banyaknya pemilih baru.

Jika melihat kembali pemilu 2019, terlihat bahwa PDI-Perjuangan berhasil menguasai perolehan suara di 18 provinsi, termasuk di wilayah penting seperti Jawa Barat dan Jawa Timur. Golkar masih memegang kendali di delapan provinsi, sementara Gerindra tetap kokoh di empat provinsi, terutama di luar Jawa. Faktor-faktor ini menunjukkan kekuatan dan dominasi sejumlah partai politik dalam wilayah-wilayah tertentu.

Namun, peta suara ini tidak hanya mencerminkan kekuatan partai politik, melainkan juga mencakup faktor loyalitas suatu daerah terhadap parpol tertentu yang dapat menjadi penentu kemenangan. Data dari Pileg 2019 menunjukkan bahwa hanya tujuh dari 16 partai politik yang berhasil menguasai suara dalam satu Dapil.

PDIP menjadi parpol yang meraih suara terbesar di 39 daerah, diikuti oleh Gerindra dengan kemenangan dalam 15 dapil. Golkar menduduki posisi ketiga dengan menguasai 10 daerah, disusul oleh PKB yang berhasil menguasai tujuh wilayah. Sementara itu, Nasdem, PKS, dan PAN masing-masing berada di peringkat kelima, keenam, dan ketujuh dengan jumlah dapil yang berhasil mereka kuasai.

Dengan demikian, dinamika politik dalam negeri tidak hanya dipengaruhi oleh kekuatan partai politik dalam jumlah suara, tetapi juga oleh strategi dan latar belakang calon yang diusung. Pemilu 2024 diharapkan menjadi panggung pertarungan yang menarik, di mana dinamika dan variabilitas politik menjadi pemandangan yang tidak terelakkan.

Suksesnya sebuah parpol atau paslon tidak hanya ditentukan oleh jumlah suara, tetapi juga oleh kemampuan mereka mengakomodasi keberagaman dan ekspektasi masyarakat di berbagai daerah. Perlu diperhatikan, data hasil pemilu 2019 tidak dapat memastikan kemenangan suatu partai atau calon pada pemilu 2024 nanti mengingat adanya kemungkinan perubahan pilihan.

Sebagai warga negara yang baik diharapkan untuk memahami dan mengikuti perkembangan politik ini secara cermat, karena pemilu memiliki dampak besar terhadap arah dan kebijakan negara ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*